Langsung ke konten utama

Cara Menjaga Dan Merawat Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan
Cara Menjaga Dan Merawat Saluran Pencernaan. Pencernaan merupakan organ vital dalam tubuh yang terkadang kurang diperhatikan. Perhatian biasanya adalah pada ukuran atau berat tubuh, warna kulit dan kecantikan wajah. Sebagai organ yang penting untuk memproses makanan yang masuk, biasanya akan kita perhatikan bila sudah terasa sakit. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan menyerap nutrisi dan ketahanan sistem pencernaan semakin menurun.

Kebiasaan makan yang buruk seperti makan makanan yang kurang higienis, makan makanan instan hingga makan terlalu larut malam dapat mengganggu proses mencerna makanan. Gangguan proses pencernaan itu berarti mengganggu organ lain, karena organ yang memproses dari makanan menjadi energi sedang tidak baik.

Lalu bagaimana Cara Menjaga Dan Merawat Saluran Pencernaan Secara Alami? @MasPenulis membagi menjadi 6 bagian penting agar pencernaan sehat:

  • Perbanyak Serat. Serat berperan penting dalam mempermudah kerja sistem pencernaan. Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah. Lidah buaya termasuk tanaman penuh serat.
  • Batasi Kafein Dan Alkohol. Kafein dan Alkohol adalah salah satu penyebab gangguan kelebihan asam lambung.
  • Pola Makan. Atur pola makan diantaranya harus sarapan sebelum beraktifitas, makan sebelum terlalu lapar dan makan jangan terlalu larut malam. Kunyah makan sampai halus agar kinerja lambung tidak kerja keras.
  • Pikiran Positif. Bila ingin hidup sehat dimulai dengan pikiran positif. Pikiran yang setres akan membuat sistem pencernaan menjadi kacau, kualitas tidur kurang hingga pola makan terganggu. Bisa dimulai dengan melakukan olah raga seperti yoga dan jogging di area taman.
  • Air Minum. Dengan minum air, maka anda sedang mencegah asam lambung berlebihan dan mengurangi kandungan pH dalam tubuh. Standar yang dianjurkan adalah minimal 8 gelas sehari.
  • Batasi Makanan Berlemak. Lemak memang dibutuhkan tubuh, namun bila berlebihan dapat meningkatkan resiko konstipasi atau sembelit. Disarankan saat memakan daging pilih bagian yang lemaknya sedikit.
Itulah 6 cara alami dan mudah Menjaga Dan Merawat Saluran Pencernaan yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel #Kesehatan ini dapat bermafaat buat anda. Bila bermanfaat silahkan share di media sosial anda.

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan . Telur adalah sumber protein hewani yang paling murah dan mudah didapat. Bila dibandingkan dengan makanan lain, telur termasuk makanan adalah makanan bernutrisi tinggi. Protein dalam telur adalah sumber asam amino esensial, yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon, kulit dan jaringan dalam tubuh. Telur adalah gudangnya nutrisi penting, yang membuat telur merupakan bagian penting dari pertumbuhan otak anak sampai pendukung untuk diet yang sehat. Telur dianggap penting karena tubuh kita tidak dapat membuat asam amino sendiri, kita harus mendapatkan zat tersebut dari makanan. Berikut  @MasPenulis  akan bahas Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan : Sehat Untuk Mata . Telur adalah salah satu sumber vitamin A. Kekurangan vitamin A akan menimbulkan kerusakan atau mengganggu ketajaman mata. Sehat Untuk Otak . Telur juga adalah sumber Kolin untuk menjaga dan membangun jaringan otak. Kekurangan kolin dapat menimbulkan ganggua

Rutin Minum Air Kunyit, Keuntungan Ini Anda Dapat

Rutin Minum Air Kunyit, Keuntungan Ini Anda  Dapat . Kunyit atau kunir adalah tanaman rempah-rempah yang biasa tumbuh didaerah asia yang dilewati garis khatulistiwa. Rempah-rempah ini biasa di pakai untuk bumbu masakan seperti gulai dan soto. Untuk bahan obat biasanya yang biasa dipakai adalah bagian  rimpang atau umbinya, dengan catatan kunyit minimal berumur setahun. Bila sebelumnya di artikel 5 Cara Alami menghilangkan Komedo , @MasPenulis telah dijelaskan manfaat kunyit untuk menghilangkan komedo. Kunyit sendiri bisa jadi pengawet makanan alami, selain itu, kunyit memiliki nutrisi yang menguntungkan tubuh kita. Kandungan Dalam Kunyit . Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat seperti obat, yang disebut kurkumin. Ada juga minyak atsiri kandungannya 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron. Ada juga kandungan mineral yaitu magnesium besi, kalsium, natrium, mangan, kalium, timbal, seng, aluminium, kobalt dan bismuth Manfaat Kunyit Untuk Kesehata